Knalpot Nembak??

22 Oktober 2008

Kalau knalpot menembak, yg dlm istilah teknik disebut sbg “back-fire“, artinya terjadi pembakaran tak sempurna (imperfect combustion), dimana sebagian gas campuran udara dan BBM gagal dibakar oleh percikan listrik busi, shg busi basah, dan gas yg tak terbakar ini kemudian dibuang keluar melalui klep buang (exhaust valve) dan akhirnya terbakar dan meledak antara bandar buang (exhaust port) dan knalpot krn suhu panas jalur pembuangan ini.
Nach dari sini kita bisa ambil itung-itungan :

1. UDARA
Penyebabnya : Pasokan udara yang terlalu irit atau terlalu kaya
Solusinya: Setel ulang stelan udara di karburator dan/atau bersihkan filter udaranya.

2. BAHAN BAKAR,
Penyebabnya :
– Kualitas bahan bakar yang kurang baik
– Pasokan bensin yang terhambat atau terlalu kaya
Solusinya:
– Kuras tangki dan gunakan kualitas bahan bakar yang baik dengan tidak sembarangan isi bensin di sembarang tempat.
– Stel ulang baut setelan bensin yang ada di karburator + bersihkan sekalian karburator, mungkin ada kotoran yang menghambat

3. SUMBER NYALA/PENGAPIAN (busi+kabelnya)
Penyebab: kerenggangan busi yang tidak sesuai dengan apa yang dianjurkan pabrikan, atau pemakaian busi yang kualitasnya kurang baik/uzur atau kabel busi yang tidak cocok/cacat dlsb
Solusi: Stel kembali kerenggangan businya bila busi sudah jelek, diganti cek kabel businya apakah cacat/terkelupas kabelnya atau kotoran di “cangklong” kabel busi.

 secra garis besar Penyebab pembakaran tak sempurna, dgn tsb diatas adalah:

  • setelan karburator tdk tepat, terlalu gemuk atau kaya (rich) bahanbakar.
  • setelan pewaktuan penyulutan (ignition timing) tak tepat, kemungkinan terlalu lambat | mundur (late), atau justeru terlalu cepat | maju (advance).
  • setelan keregangan klep mesin (engine valve) tak tepat, kemungkinan terlalu lebar.
  • setelan keregangan celah (clearance) elektroda busi tak sesuai, kemungkinan terlalu lebar, atau busi tdk cocok, atau terlalu dingin.
  • tegangan elektroda busi lemah, krn tegangan koil penyulutan (ignition coil) lemah.
  • ada bocoran dlm sistem catu bahanbakar dan atau penyulutan dan atau pembakaran.
  • kemungkinan lain
PROBLEM PEMBAKARAN : knalpot menembak (back fire)
ANALISA |FAKTOR PENYEBAB DAN KEMUNGKINAN SOLUSI | TINDAKAN
pembakaran tak-sempurna (imperfect combustion)  
ALIRAN BAHANBAKAR  
  karburator  
1 setelan campuran udara dan bahanbakar karburator tak pas stel
2 sekrup pengaturan setelan karburator rusak ganti
3 mekanisme karburator jelek atau rusak perbaiki
4 karburator tak cocok ganti
5 filter | penapis udara kotor atau tersumbat bersihkan
6 filter | penapis udara jelek atau rusak ganti
KELISTRIKAN  
  busi  
1 setelan pasangan elektroda busi tak pas stel
2 busi jelek atau sekarat ganti
3 busi tak cocok ganti
  koil dan atau CDI  
1 setelan pewaktuan penyulutan | penyalaan | pengapian (ignition timing) busi tak pas stel
2 koil penyulutan (ignition coil) tak mampu menghasilkan tegangan elektroda busi dibutuhkan utk melakukan pembakaran, jelek atau rusak ganti
3 CDI dan atau koil penjemputan (pick-up coil) | pulser jelek atau rusak ganti
PERMESINAN  
  klep | katup (valve)  
1 stelan klep masuk (intake valve) dan atau klep buang (exhaust valve) tak pas stel
2 klep aus atau rusak ganti
3 stelan mekanisme klep tak pas stel
4 mekanisme klep aus atau rusak ganti
  knalpot  
1 knalpot jelek atau rusak perbaiki
2 knalpot tak cocok ganti

One Response to “Knalpot Nembak??”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s